5 Hal Perbuatan Suami Istri yang Sepeleh Namun Bernilai Besar di Hadapan Allah...

Menurut riwayat hadis, ada hal-hal yang kita remehkan atau sepelekan bagi suami istri namun bernilai sangat besar dan mulia di hadapan Allah SWT.

1. Suami membantu pekerjaan istri di rumah
Soerang suami membantu pekerjaan rumah istri merupakan sunah Rasulullah.
Al-Aswad bin Yazid bertanya kepada Aisyah, "Apa yang biasa dilakukan Nabi s.a.w. di dalam rumah?" Aisyah menjawab, "Beliau biasa membantu pekerjaan istrinya. Bila tiba waktu shalat, beliau pun keluar untuk mengerjakan shalat". [H.R. Bukhari]
2. Suami dan Istri saling bergenggaman tangan
"Manakala suami merengkuh telapak tangann istrinya dengan mesrah, maka berguguranlah dosa-dosa keduanya dari sela-sela jari-jema-rinya." (Diriwayatkan Maisarah bin Ali dari Ar-Rafi’ dari Abu Sa’id Al-Khudzri r.a.)
3. Seorang suami membelai istri
Perhatikanlah yang selalu dilakukan oleh Rasulullah kepada istrinya, beliau senantiasa memberi hak istrinya untuk diperhatikan dan memanjakanya. "Rasulullah SAW setiap hari tidak melupakan untuk mengunjungi kami (para istrinya) seorang demi seorang. Rasulullah memberikan hak yang adil kepada istrinya tanpa ada pilih kasih. Beliau menghampirinya dan membelainya, sekalipun tidak mencampurinya, sehingga sampai ke tempat istri yang tiba gilirannya, lalu bermalam di situ." (HR. Abu Dawud).
4. Suami dan istri saling memandang
“Sesungguhnya ketika seorang suami memperhatikan istrinya dan sebaliknya,” Rasulullah. menjelaskan, “maka Allah memperhatikan mereka berdua dengan perhatian penuh rahmat.” (Diriwayatkan Maisarah bin Ali dari Ar-Rafi’ dari Abu Sa’id Al-Khudzri r.a.)
5. Bercanda gurau antara suami, istri dan anak
Jangan selalu pasang wajah judes di depan istri dan anak anda! Tertawalah bersama mereka,”Segala sesuatu yang dijadikan permainan oleh anak Adam adalah bathil, kecuali tiga perkara, melepaskan panah dari busurnya, latihan berkuda, dan senda gurau (mula’abah) bersama keluarganya, karena itu adalah hak bagi mereka.” (HR. Ath-Thabrani dalam Al-Kabir , Silsilah As-Shahihah no. 309).
Demikian, wallahu a'lam. (ummi-online)
Silahkan KLIK&SHARE jika dirasa bermanfaat.....