Bantu Bagikan.. Berikut Efek buruk Kombinasi Merokok dan Minum Kopi

Banyak orang yang memiliki kebiasaan merokok, juga sekaligus memiliki kegemaran nGopi. Menurut mereka, ngopi tanpa merokok itu kenikmatannya kurang lengkap. Hal ini sepertinya sudah menjadi trend atau budaya masyarakat kita semenjak jaman dulu, sehingga kebiasaan seperti ini sulit untuk dihilangkan.
Tapi apakah kombinasi ini baik untuk kesehatan?. Merokok dan minum kopi bisa menyebabkan kekakuan dan pengerasan pada arteri, yang akan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

 

Berikut beberapa potensi membahayakan dari penggabungan merokok dan minum kopi .

” Penelitian kami menegaskan bahwa merokok memiliki efek yang tidak menguntungkan, dan mengkonsumsi kopi berat dapat menimbulkan risiko tambahan. ” –  Dr . Charalambos Vlachopoulos , MD , dari Athens Medical School dan Rumah Sakit Hippokration , Athena , Yunani.
Bagi banyak orang, rokok dan kopi sudah berjalan seiring. Kecenderungan merokok saat minum kopi, atau sebaliknya, telah ada sejak berabad-abad. Sayangnya, hal itu menciptakan salah satu kombinasi yang paling tidak sehat, dan bisa sangat berbahaya bagi tubuh. Secara individual, sudah menjadi rahasia umum bahwa rokok berbahaya bagi tubuh. Namun kopi yang sebenarnya bisa bermanfaat jika dikonumsi dalam jumlah yang cukup,  bisa sangat berbahaya bila dikonsumsi dalam jumlah banyak.
Ada asumsi yang berbeda dan teori di balik kombinasi ini. Beberapa ada yang percaya bahwa kopi panas akan membuka pori-pori pada tenggorokan, yang akan membuat merokok lebih menyenangkan. Ssementara yang lain percaya bahwa rasa kopi akan ditingkatkan oleh asap rokok. Secara ilmiah, alasan kombinasi yang begitu populer ini bisa dikaitkan dengan sifat adiktif kafein dan nikotin. Namun, apa pun alasannya, faktanya tetap saja bahwa kombinasi ini berbahaya bagi kesehatan.

Apakah Menggabungkan Rokok dan kopi Buruk untuk Kesehatan ?

Menurut sebuah studi oleh Charalambos Vlachopoulos , MD , dan rekan-rekannya dari departemen kardiologi di Athens Medical School, merokok dan ngopi akan berinteraksi satu sama lain dan menghasilkan efek yang sangat negatif pada jantung.
“Mengingat kombinasi merokok dan asupan kafein ini berefek pada fungsi arteri, maka mungkin memiliki implikasi penting bagi kesehatan manusia , ” tulis para peneliti dalam 2 November Journal of American College of Cardiology .

Penelitian tersebut Menunjukkan bahwa Kopi dan Rokok adalah Bad Combo.

Dalam upaya untuk menunjukkan bahwa menggabungkan rokok dan kopi dapat menyebabkan efek yang merugikan pada tubuh, sebuah penelitian dilakukan pada sekelompok orang. Penelitian ini dibagi menjadi dua bagian :
a . studi akut , dilakukan pada 24 orang untuk melihat efek langsung mencampurkan kopi dan merokok,
b . studi kronis , yang dilakukan pada 160 orang, untuk melihat konsekuensi jangka panjang dari kombinasi kopi dan merokok.
Penelitian pertama yang dilakukan pada 24 pria dan wanita, perokok dan peminum kopi yang tanpa masalah jantung, diabetes , tekanan darah, atau kolesterol tinggi. Pengerasan pembuluh nadi dipelajari pada 14 peserta, dan refleksi gelombang aliran darah arteri
dipelajari dalam sisa 10 peserta. Para peneliti menemukan bahwa merokok yang diikuti dengan kafein memiliki efek negatif yang lebih besar pada jantung dari jumlah setiap produk yang diambil secara terpisah .
Untuk menambah studi ini , Dr Vlachopoulos mengatakan , ” Beberapa studi sebelumnya,  kami bersama-sama dengan beberapa dari laboratorium lain, telah menunjukkan bahwa merokok dan kafein secara terpisah meningkatkan kekakuan arteri. Namun hal itu tidak diketahui apakah dampak dari satu atau stimulus yang lain yang lebih besar, sehingga tidak meninggalkan tempat untuk kerusakan lebih lanjut.
Dalam studi kedua, sampel diambil dari 160 orang dibawa ke dalam pertimbangan. Peserta dibagi menjadi empat kelompok: perokok yang minum kopi, perokok yang tidak minum kopi , bukan perokok yang minum kopi , dan orang-orang yang tidak minum kopi atau merokok. Dalam penelitian ini juga, kekakuan arteri dan aliran darah yang abnormal ditemukan pada orang-orang yang merokok serta minum kopi. Sekali lagi, dalam penelitian ini, efek individual lebih rendah daripada efek gabungan.
Dr Vlachopoulos menambahkan , ” Mengenai mekanisme dalam pengaturan akut, ini kemungkinan besar ada hubungannya dengan efek merokok dan kafein pada katekolamin (norepinefrin, epinefrin dan dopamin) dan adenosin (zat yang melebarkan pembuluh daram) . Dalam setting kronis, penjelasan ini tidak begitu mudah, terutama karena kemungkinan efek kronis mengkonsumsi kopi pada dinding arteri belum diselidiki pada tingkat dasar ” .
Penelitian ini meliputi orang-orang muda, semua berada di bawah usia 30 tahun, dan tak satu pun yang memiliki komplikasi kesehatan. Dengan demikian, hasilnya mungkin tidak sama bagi orang-orang yang berada di atas 30, atau yang sudah menderita masalah jantung. Orang tua yang sudah memiliki masalah yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi, harus benar-benar menghindari combo ini. Meskipun studi yang dibahas dalam paragraf di atas telah menunjukkan adanya efek dari penggabungan rokok dan kopi, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menjelaskan efek jangka panjang.

Bagaimana kekakuan Arteri bisa Berbahaya ?

Perkembangan plak di pembuluh arteri akan membuatnya menjadi kaku dan kehilangan elastisitasnya. Hal ini akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah, yang selanjutnya mengakibatkan tekanan darah tinggi. Hal ini akan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan darah beroksigen. Dalam jangka panjang, hal ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Jadi, jika Anda merokok dan minum kopi, yang terbaik adalah untuk menghindari kombinasi ini.
Hindari kombinasi merokok dan minum kopi,  karena hal ini memiliki efek yang sangat merugikan kesehatan. Tidak ada sisi positifnya untuk merokok, dan oleh sebab itu kebiasaan merokok harus dihentikan sama sekali. Kafein yang diambil dalam jumlah moderat bisa bermanfaat, tetapi minum kopi terlalu berlebihan dalam jangka paniang bisa berbahaya juga. Merokok adalah tindakan melukai tubuh Anda sendiri, dan jangan ditambah dengan menggabungkan kebiasaan mematikan ini dengan asupan kafein.