Berikut Sejarah Ciuman – Asal Muasal Orang berciuman Yang Jarang Kita Ketahui

Beberapa peneliti percaya bahwa ciuman telah dimulai sejak jutaan tahun yang lalu sebagai akibat dari memberi makan dari mulut ke mulut, seperti pada ibu hewan mamalia yang mengunyah makanan dan kemudian “memaksakan ” ke dalam mulut anak-anak mereka. “Dari pengamatan inilah ciuman diklaim sebagai bentuk manusia yang belajar bertukar makanan antara induk dan anak-anak hewan,” kata Texas A & M University antropolog Vaughn Bryant, yang telah lama meneliti sejarah dan penyebaran berciuman, seperti yang diterbitkan  Discovery News.Kini bahkan para peneliti telah mengklaim, jika ciuman ternyata bermanfaat bagi kesehatan???

 

Berikut Sejarah ciuman dari waktu ke-waktu

“Namun, jika hal ini benar dan itu adalah bawaan, maka mengapa tidak semua manusia berciuman?, Kita tahu bahwa banyak kelompok budaya yang tidak melakukan ciuman,  dan tak tahu apa-apa tentang hal itu hingga mereka ditunjukkan,” kata Bryant.

Sedangkan asal muasal berciuman sendiri masih tetap menjadi misteri, sejarawan telah menemukan referensi awal ciuman di India untuk dipelajari.

Ciuman Menurut bukti catatan sejarah

Empat teks utama dalam sastra Veda Sansekerta menunjukkan bentuk awal dari berciuman. Berasal dari tahun 1500 SM, mereka telah menggambarkan kebiasaan menggosok dan menekan hidung bersama-sama.
“Akhirnya, seseorang diam-diam menemukan bahwa jika bibir yang sangat sensitif dan dpertemukan itu menyenangkan. Itulah salah satu teori tentang bagaimana ciuman itu pertamakali dimulai,” kata Bryant.
Sekitar 500 tahun kemudian, puisi epik Mahabharata yang diketahui berisi referensi bibir berciuman. “Dia mengatur mulutnya ke mulut saya,  dan itu membuat kebisingan yang menghasilkan kesenangan dalam diriku,” katanya.
Referensi bersejarah terus berlanjut dengan Kama Sutra, teks klasik erotika yang ditulis pada abad kelima Masehi awal, di mana terdapat banyak deskripsi teknik berciuman.

Berciuman –  Alexander Agung – Romawi

Sekitar 326 SM, berciuman mulai menyebar dari India, berkat penaklukan oleh tentara Alexander Agung.
“Mereka belajar tentang berciuman dari India. Setelah kematian Alexander, pasukannya berpisah dan jenderalnya dan pergi ke berbagai wilayah di Timur Tengah,” kata Bryant.
Bangsa Romawi adalah orang-orang yang mempopulerkan teknik berciuman, dan menyebarkan praktek ini ke sebagian besar negara Eropa dan sebagian Afrika Utara.
“Mereka dikhususkan ‘berciuman’ misionaris,” kata Bryant.
Bagi mereka, berciuman itu bukan hanya sekedar ciuman. Ada berciuman osculum, yang merupakan ciuman persahabatan yang sering disampaikan sebagai kecupan di pipi. Ada ciuman basium, jenis ciuman yang lebih erotis yaitu ciuman dari bibir ke bibir ciuman, danyang terakhir, ciuman savium. Savium adalah jenis ciuman gairah,  yang kemudian lebih dikenal sebagai “ciuman Perancis.”
Berciuman merupakan salah satu dari begitu banyak bagian dari budaya Romawi kuno,  dan yang telah disyahkan oleh hukum yang terkait.
“Satu menyatakan bahwa,  jika seorang gadis perawan yang dicium dengan penuh gairah di depan umum, maka dia bisa menuntut untuk diberikan hak perkawinan penuh dari orang itu,” kata Bryant.

Sejarah Berciuman pada abad pertengahan

Pada Abad Pertengahan, seluruh Eropa sudah berciuman. Namun, praktek itu diperintahkan oleh kedudukan/jabatan seseorang.
Orang-orang yang sederajat, baik laki-laki maupun perempuan, akan mencium di bibir, dan orang-orang yang berpangkat rendah akan mencium pada pipi, tangan, lutut, kaki atau tanah di depan orang tersebut.
“Semakin besar perbedaan derajat, maka semakin jauh dari bibir orang akan mencium orang itu,” kata Bryant.
Seperti banyak pada orang yang tidak tahu cara membaca dan menulis, ciuman juga digunakan untuk menutup kontrak. Orang menggambar sebuah tanda “X” untuk nama mereka pada dokumen,  dan menciumnya untuk membuatnya syah menurut hukum. Itulah asal muasal Valentines memakai lambang X,  atau huruf untuk melambangkan ciuman.
Pada tahun 1300 Gereja Katolik menjadi sangat prihatin tentang berciuman, takut bahwa hal itu akan menyebabkan tindakan keduniawian.
Pada Konsili Wina pada 1311-1312, Paus Clement V melarang apa yang disebut dengan “cium kudus” selama pelayanan gereja. Hingga hari ini, hanya jabat tangan yang digunakan sebagai tanda perdamaian di Gereja Katolik di tempat cium kudus.

Sejarah Ciuman di Inggris

Hebatnya berciuman di Inggris dan sebagian besar di negara Eropa berakhir pada pertengahan -hingga akhir tahun 1600-an, ketika itu ciuman digantikan dengan gerakan lain, seperti bow, curtsies dan topi topping seseorang.
Menurut Bryant, Perubahan Besar terjadi tahun 1665 di London, pada waktu itu hukum Gereja yang ketat juga telah berperan dalam perubahan.
“Hal ini mendorong banyak orang untuk berhenti berciuman,  karena takut menyebarkan penyakit,” katanya.
Antara tahun 1760 dan 1840, selama Revolusi Industri, ciuman di tangan menjadi populer di Inggris, dan hingga akhirnya berkembang menjadi handshaking.
Pada tahun 1896, sebuah film bisu yang disebut “The Kiss” menunjukkan ciuman untuk pertama kalinya oleh dua aktor, Mei Irwin dan John Rice, yang dalam adegan berulang kali berciuman.
Adegan tersebut banyak menyebabkan skandal, seperti ulasan kontemporer yang memberikan kesaksian: “Tontonan menempelkan masing-masing bibir yang  berkepanjangan cukup menjijikkan dalam ukuran kehidupan di panggung, namun ini malah diperbesar dengan proporsi raksasa dan diulang tiga kali – itu benar-benar menjijikkan. ”

Ciuman hingga hari ini

Romantis, penuh gairah, kerinduan, jutaan ciuman telah diberikan di Hari Valentine hingga kini.

Bertanya-tanya berapa banyak jenis ciuman yang ada saat ini?,, Neuroscientist Jerman bernama Onur Gntrkn telah menghabiskan dua tahun di sekitar bandara, stasiun kereta api, taman dan pantai, hanya untuk menonton orang berciuman.
Dan dia telah menemukan 124 “ciuman ilmiah yang valid!” ,, (Source: news.discovery.com: Discovery News)