Subhanallah! Inilah Manfaat Luar Biasa Ketika Kita Melakukan Gerakan Rukuk dan Sujud, Kamu Ga Bakal Nyangka!!

lima saat adalah perintah yang harus dijalankan oleh Umat Islam. Kekhusukkan dalam menggerakkan salat begitu utama untuk memperoleh manfaat baik secara agama ataupun medis.

Ada orang yang dalam salatnya begitu khusuk serta nikmati setiap gerakan-gerakannya. Tetapi ada juga yang cepat-cepat supaya salat selekasnya usai. Dua gerakan yang umumnya dilakukan secara kilat ada waktu ruku dan sujud. Karena masalah dunia umumnya manusia mempercepat dua gerakan ini agar salat cepat usai. Padahal dua gerakan ini mempunyai faedah besar dari sisi medis.
Bila dikerjakan dengan cara cepat, jadi faedah medis dari gerakan ruku serta sujud ini tak diperoleh dengan cara maksimal. Manfaat medis apa yang disebut? Berikut ini penjelasannya. Dalam satu hadist, Rasulullah SAW memerintahkan umatnya untuk memperlama gerakan ruku serta sujud. Menurut Rasulullah lamanya dua gerakan itu bisa menggugurkan dosa.
Satu hari Abdullah bin Umar -rodhiallohu anhuma-
lihat seseorang pemuda sedang shalat, dia memanjangkan shalatnya serta melamakannya, jadi beliau bertanya : siapa yang tahu orang itu? Jadi ada yang menjawab :
Saya. Beliaupun menyampaikan : kalau saya mengenalnya, pasti saya bakal menyuruhnya untuk memanjangkan ruku’ serta sujudnya, lantaran saya pernah mendengar Nabi -Shollallohu alaihi wasallam- bersabda :
” Sungguh, bila seseorang hamba berdiri untuk shalat ; semuanya dosanya dihadirkan, serta diletakkan diatas pundaknya. Jadi setiap saat dia ruku’ serta sujud, dosa-dosa itu jadi berjatuhan”. (Saksikan Silsilah shahihah : 1398, sanadnya shahih).
Dari hadist diatas, bisa diambil rangkuman kalau makin lama ruku’ serta sujud, jadi bakal makin banyak dosa yang bakal dilepaskan dari diri manusia. Ternyata bukan sekedar dari sisi agama saja gerakan yang lama serta khusuk ini memberikan manfaat. Dari sisi kesehatan juga, memperlama ternyata gerakan ruku’ serta sujud juga mempunyai manfaat besar.
Ruku’ menjadi salah satu gerakan yang ternyata miliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Ruku’ yang sempurna bisa di tandai apabila kita meletakan gelas di punggung maka tidak akan tumpah sebab antara kepala dan tulang belakang atau punggung sejajar.
Selain itu, posisi ruku’ yang sempurna ini juga bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi punggung sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf dan posisi jantung sejajar dengan otak sehingga bagian tengah badan kita bisa teraliri darah dengan sempurna.
Posisi tangan tertumpu pada lutut ini sangat bermanfaat untuk merelaksasikan pada otot-otot bahu sampai ke bawah. Menerut penelitian posisi ruku ini juga sangat bermanfaat untuk melatih kemih sehingga terhindar dari penyakit prostat.
Sementara itu, sujud juga menjadi gerakan dalam shalat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki dan dahi pada lantai. Posisi sujud ini berguna juga untuk memompa getah bening ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan daerah ini kaya akan kandungan oksigen yang bisa mengalir secara maksimal ke otak.
Aliran tersebut sangat berpengaruh terhadap daya pikir seseorang. Oleh seban itu, ada baiknya melakukan sujud dengan tuma’ninah, yakni tidak tergesa-gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Posisi yang demikian ini menghindarkan seseorang dari gangguan wasir. Khusus bagi wanita baik ruku’ maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.
Demikianlah ulasan mengenai faedah di balik lamanya ruku’ dan sujud dalam shalat. Jika ingin dosa berguguran, maka lakukan anjuran Rasulullah ini. Semoga kita selalu menjadi hamba Allah yang selalu beriman dan beramal shalat.
sumber : infoyunik.com