Astaghfirullah.... Ternyata Posisi Tidur Seperti Ini Sangat Dilaknat Oleh Allah SWT, Tapi Masih Banyak Yang Menyepelekan

Tidur adalah upaya untuk mengistirahatkan badan setelah sepanjang hari melakukan aktivitas. Umumnya anggota tubuh bakal kembali segar sesudah terlelap saat malam hari. Nyatanya, dalam Islam tidur mempunyai ketentuan serta adab sendiri.


Rasulullah SAW menyarankan umatnya supaya senantiasa menghadap ke kanan saat bakal tidur. Posisi tidur seperti ini tak cuma sunnah, tetapi nyatanya mempunyai manfaat bila dikaji dengan cara medis.

Selain posisi tidur yang disarankan, ada juga posisi tidur yang begitu dimurkai Allah SWT. Bahkan juga disebut-sebut kalau posisi ini adalah ciri penghuni neraka. Seperti apa posisi yang disebut? Tersebut penjelasannya.

Nyatanya posisi yang dilarang serta dimurkai ini yaitu posisi tengkurap. Hal semacam ini diterangkan Rasulullah SAW dalam hadistnya saat Beliau mendatangi satu masjid. Ia lihat seseorang yang tinggal di masjid Nabawi tengah tidur tengkurap. Kisah yang diriwayatkan oleh Thakhfah Al-Ghifari RA salah seseorang yang tinggal di masjid Nabawi berkata,

“Aku tidur di masjid pada akhir malam, lalu ada orang yang mendatangiku sedangkan saya tidur dengan posisi tengkurap. Laluberkata :

“Bangunlah dari tengkurapmu, lantaran tidur yang


demikian yaitu tidurnya orang-orang yang dimurkai Allah. ” Lalu saya angkat kepalaku, jadi ketika kulihat ia yaitu Rasulullah
 
kupun lalu bangkit. ” HR. Bukhari

Dalam kisah lain Rasulullah SAW menerangkan kalau posisi tidur tengkurap yaitu posisi tidurnya para penghuni neraka. Hadist ini diriwayatkan oleh Ibnu Majah yang berarti :

“Tidur tengkurap yaitu posisi tidurnya penghuni neraka. ” HR. Ibnu Majah

Allah SWT serta Rasulnya pasti akan tidak melarang suatu hal hal bila hal itu beresiko untuk manusia. Dengan cara medis, tidur dengan posisi tengkurap beresiko untuk badan hingga Allah SWT melarang, bahkan memurkai posisi ini.

“Tidaklah Allah memerintahkan sesuatu kecuali kepadanya terdapat berbagai mashlahat yg tidak dapat di ketahui dengan cara menyeluruh” Risaalah fiil Qowaaidil fiqhiyah hal. 41, Maktabah Adwa’us salaf)

Nyatanya Pengetahuan kedokteran modern menunjukkan kalau memanglah tidur tengkurap benar-benar beresiko. Tidur ini bisa mengganggu pernapasan lantaran otot dada serta organ pernapasan tidak dapat bekerja optimal karena tehimpit. Dengan posisi itu dada bakal jadi tertekan serta bikin nafas jadi sesak.

Terkecuali bagian pernapasan, tidur dengan posisi ini juga dapat menekan jantung. Dalam periode waktu lama posisi seperti ini bisa membahayakan kesehatan jantung. Manfaat otak dapat juga terganggu dengan posisi ini. Pasalnya aliran darah yang membawa oksigen ke semua tubuh demikian juga ke otak jadi terganggu lantaran terhimpitnya jantung tadi.

Untuk itu, ikutilah jauhilah semua hal yang dilarang Allah. Karena sejatinya, Dia akan tidak melarang suatu hal hal yang baik, tetapi larangan itu hanya cuma untuk kebaikan hamba-Nya. Allah yang memiliki alam semesta dan semuanya ilmu pengetahuan, pasti Dia lah yang lebih tahu. Wallahu alam.