Baca Ini.. Berbahagialah Engkau Yang Punya Hutang ..

Sahabat Beradab, memang utang itu bisa membuat kita 'tergadai', akan tetapi siapa bilang kita harus selalu murung dan bersedih ketika sedang menanggung utang? Kita bisa tetap 'berbahagia' sambil berusaha melunasi utang tersebut. Berbahagia karena apa?
Pertama, sadari bahwa segala sesuatu yang menimpa diri kita bisa menjadi anugerah karena mendatangkan pahala, atau bisa jadi musibah jika justru mendatangkan dosa.
Utang bisa membawa dosa jika kita berkeluh kesah, menjadi depresi, menjadi pembohong, melarikan diri darinya.
Akan tetapi, utang pun bisa membawa pahala jika kita bersabar, bertawakal, menyadari kesalahan dan bertaubat.
Jadi, sikap manakah yang kita pilih? Orang yang beriman ketika berutang pun akan tetap bisa bersyukur dan berserah diri pada Allah, jadi inilah kebahagiaan yang harus disadari.


Mungkin kalau Allah tidak menimpakan utang, kita tidak sadar bahayanya riba, karena Allah menguji kita dengan utang, akhirnya kita bisa merasakan kesulitan karena terjerat riba, sehingga kita pun bertaubat dari riba. Bukankah ini hal yang baik untuk masa depan akhirat kita?
Kedua, kita perlu berbahagia ketika berutang karena kita bisa menemukan Sahabat sejati kita. Ketika seseorang punya uang, semua orang mendekat seolah-olah menjelma sahabat. Namun ketika seseorang punya utang, hanya Sahabat Sejati yang tetap berada di sisinya. Yang tetap mendoakan kemudahannya. Maka, bukankah kita perlu berbahagia dengan menemukan Sahabat Sejati seperti ini?
Ketiga, kepasrahan diri kita pada Allah akan makin diuji ketika memiliki utang apalagi dalam jumlah besar. Kita akan lebih kuat beribadah, lebih memasrahkan hati, karena menanti datangnya pertolongan Allah.
Keempat, barangkali utang tersebut adalah 'hiu' kecil dalam hidup kita yang bisa membuat kita lebih bersemangat bekerja, lebih termotivasi berusaha. Sebagaimana ikan-ikan dalam tangki akan selalu bergerak menggeliat untuk menghindari kejaran hiu. Bukankah hidup tanpa ujian ibarat lauk tanpa garam?
Sahabat Beradab yang sedang didera utang, berbahagialah karena Allah telah memberi ujian berat untuk melihat apakah Engkau tetap berhusnudzon padaNya, apakah Engkau tetap bersikap jujur dalam berusaha. Jika itu yang terjadi, maka kemenangan di depan mata. Karena pertolongan Allah akan segera tiba, in syaa Allah.
Sumber: Beradab.com